Andre-Esa Deklarasi, Janjikan Perubahan

andre rosiade walikota padang

Siap Basmi Maksiat, Atasi Banjir dan Perlebar Jalan

Saat sejumlah bakal calon wali kota dan wakil wali kota sedang melakukan lobi untuk mendapatkan partai pengusung maju di Pilkada Padang, tokoh muda Andre Rosiade dan Maidestal Hari Mahesa (Esa) justru bikin kejutan.

Andre dan Esa mendeklarasikan diri berpasangan sebagai calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Padang, di sebuah rumah makan di Jalan Raya Kalawi-Ampang, kemarin (21/8).

Pasangan politisi Gerindra dan PPP itu, mengklaim bakal diusung koalisi poros tengah, yakni Gerindra, PKB, PPP, Demokrat dan Hanura di pilkada yang diperkirakan digelar Juni 2018. Jika itu terjadi, maka Andre-Esa meraup hampir separuh dukungan partai yang memiliki kursi di DPRD Padang; Gerindra 5 kursi, PPP 4 kursi, Demokrat 5 kursi, PKB 1 kursi dan Hanura 4 kursi.

Saat deklarasi, Wasekjen DPP Partai Gerindra Andre Rosiade memastikan partainya tak memiliki kewajiban mengusung kader dari PKS meski di tingkat pusat tercatat sebagai mitra koalisi. “Tolong ini dicatat. Saya adalah kader Partai Gerindra. Tidak ada kewajiban Partai Gerindra mendukung kader dari PKS, dan itu adalah kebijakan pusat (DPP),” tegas Andre dalam deklarasi yang dimoderatori mantan calon wakil wali kota Padang Yul Akhyari Sastra.

Mantan Presiden BEM Trisakti itu lebih lanjut menegaskan, Gerindra lebih mengedepankan kader internal meski belakangan ada nama seorang pejabat pemerintahan disebut-sebut bakal diusung partainya.

Menurutnya, Gerindra memiliki dua kader dari internal partai untuk maju di Pilkada Padang, yakni dirinya dan Ketua DPC Gerindra Padang Afrizal. Namun siapa yang akan ditetapkan, masih menunggu keputusan DPP Gerindra. 

“Insya Allah kami berdua sudah direstui oleh pusat (DPP),” tegasnya dalam deklarasi yang dihadiri Ketua DPW PKB Sumbar Febby Dt Bangso Nan Putiah, Ketua DPC PPP Padang Maidestal Hari Mahesa, Ketua DPC PKB Padang Akmal, Ketua DPD Demokrat Padang Januardi Sumka, Penasehat DPC Gerindra Padang Muzni Zen serta para pendukung Andre-Esa. 

Maidestal Hari Mahesa yang akrab disapa Esa menyatakan siap menjadi calon wakil wali kota mendampingi Andre Rosiade bertarung di Pilkada Padang. Pihaknya telah melakukan pertemuan lintas tokoh partai politik hingga dilakukan deklarasi pasangan ASA (Andre dan Esa). 

“Saya melihat Andre orangnya sangat tegas, jujur berpolitik, sabar dan punya komitmen dalam membangun. Andre cukup respons terhadap perkembangan Kota Padang,” ujar Esa.

Oleh karena itu, kata Esa, PPP memutuskan maju bersama Andre yang diusung pihaknya menjadi calon wali kota. “Nanti yang jadi wali kota adalah Andre Rosiade dan saya menjadi wakil. Mudah-mudahan kami dapat dukungan masyarakat Kota Padang,” tambah Esa.

Ketua Tim Pemenangan ASA, Febby Dt Bangso Nan Putiah mengatakan, dengan kehadiran Andre dan Esa, Padang kini memiliki tokoh muda energik dan siap membangun kota ke arah lebih baik. “Ke mana suara anak muda Padang diarahkan, merekalah jawabannya. Andre-Esa akan menuntaskan segala pembangunan terbengkalai di Padang,” ujarnya.

Ketua DPD Demokrat Padang Januardi Sumka dalam pertemuan itu mengatakan, partainya membuka diri kepada siapapun yang ingin bergabung. “Kami mendukung yang betul-betul serius,” ujarnya.

Adanya kader muda maju di pilkada suatu hal positif dan mengubah dinamika politik di Padang. “Pemilih muda sangat banyak di Padang jika dibandingkan pemilih tua,” sebutnya.

Jika memang hasil survei yang dilakukan partainya menempatkan elektabilitas Andre-Esa pada rating sangat bagus, kata Januardi Demokrat siap mendukung. 

Ketua PKB Padang Akmal mengatakan, tokoh muda memang harus maju di Pilkada Padang. “Untuk itu PKB siap mendukung Andre dan Esa,” tandasnya.

Anggota Fraksi Gerindra Padang Muzni Zen mengatakan mendukung kader muda dari Gerindra maju di pilkada. “Kader solid mendukung Andre maju pilkada. Bersama kami turun menangkan Andre,” tukasnya.

Pembangunan Lamban

Sementara itu, Andre Rosiade menjelaskan, dirinya menyatakan siap maju menjadi calon wali kota karena prihatin melihat kondisi Padang yang dinilainya masih lamban dipacu pembangunannya. 

“Oleh karena itu saatnya yang muda memimpin Padang. Yang muda punya gagasan. Padang butuh percepatan pembangunan, salah satunya mengatasi persoalan banjir. Saya sudah koordinasi dengan Balai Besar Sungai, karena APBD tidak cukup mengatasinya sehingga harus koordinasi dengan pemerintah pusat,” paparnya.

Andre Rosiade menyebutkan, bergabungnya di bersama Esa adalah dorongan dari sejumlah tokoh yang ingin kaum muda memimpin Padang. Menggerakkan perubahan, agar Padang lebih cepat berkembang. Jika menjabat wali kota, juga tidak akan “rebutan” kue atau kepentingan.

Dia bersama Esa telah merancang empat program unggulan yang bisa mempercepat pembangunan dan kesejahteraan warga kota. Pertama adalah memberantas maksiat. Dia melihat, akhir-akhir ini kasus maksiat kian membengkak dan sudah seperti di kota metropolitan. Buktinya, setiap kali razia, selalu saja banyak yang terjaring.

Selanjutnya, memperbaharui drainase kota, menormalisasi sungai, dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi bencana. “Banjir dan bencana alam lainnya seperti longsor masih mengancam kota ini. Kalau hujan sedikit saja, banjir sudah datang, aliran sungai meluap dan membahayakan warga,” ujarnya.

Andre-Esa juga mengaku akan fokus mengurai kesemrawutan lalu lintas kota dengan tiga langkah. Pertama, membangun terminal angkot dan AKDP/AKAP di dalam kota. Kedua, memaksimalkan angkutan massal yang berfungsi mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Seperti membangun dan mengaktifkan kembali jalur kereta api dalam kota dan membangun Padang Commuter Line (PCL) seperti di Jabodetabek.

Langkah ketiga, sambung Andre, mengurai macet dan kesemrawutan dengan memperlebar jalan-jalan di Kota Padang. Terutama jalan yang padat lalu lintas karena sudah sangat lama tak diperlebar, seperti Jalan Khatib Sulaiman, S Parman, Hamka, Sudirman, Gajah Mada, Veteran dan lainnya. (*)

sumber berita : http://www.m.padek.co/detail.php?news=88006

sumber foto : https://www.tribunsumbar.com/wp-content/uploads/2017/08/IMG-20170821-WA0002.jpg*  (hilangkan tanda *)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *