Elektabilitas Andre Rosiade Kian Moncer, Posisi Mahyeldi Terancam

andre rosiade walikota padang

Warga Padang mulai melirik Wakil Sekretaris Jendral (wasekjend) DPP Gerindra Andre Rosiade sebagai Walikotanya. Hal itu terlihat dari tren hasil survei beberapa lembaga yang menunjukkan elektabilitas pria kelahiran 7 November 1978 ini makin kinclong.

Salah satunya survei yang dilakukan InCost (Institute for Community Studies ) 24 Agustus 2017 lalu. Andre berada di posisi ketiga setelah incumbent Mahyeldi dan Emzalmi.

Direktur InCost Erizal menyebutkan, melihat tren hasil survei dari Desember 2016 sampai terakhir ini, tren elektabilitas incumbent terus menurun.  Bahkan, pemilih loyal Mahyeldi ternyata hanya 40 persen dari total pemilih.

“Artinya, Mahyeldi bisa kalah dengan kerja keras calon lain. Dan tentunya ridho Allah SWT,” kata Erizal yang mengatakan survei mengambil 1000 responden.

Menurutnya salah satu nama yang membuat posisi Mahyeldi terancam adalah Andre Rosiade. Keikutsertaan Andre dalam Pilkada kota Padang ini, semakin membuat perpolitikan tanah andalas memanas.

“Tanpa baliho dan poster-poster, popularitas dan elektabilitas Andre cukup menjanjikan, jika benar-benar maju dalam Pilkada Kota Padang. Bahkan, bisa menjadi petarung serius yang dapat mengalahkan Mahyeldi kalau terus bekerja dan mendapatkan dukungan yang maksimal,” umbarnya.

Sementara itu, Andre Rosiade yang dihubungi media, mengaku saat ini masih berada di Tanah Suci Makkah untuk menunaikan  ibadah Haji. Andre bilang sudah mendapatkan informasi terkait hasil survei tersebut. Namun, masih belum bisa memberikan rincian yang jelas bagaimana strateginya untuk memenangkan Pilkada kota Padang mendatang.

“Sebagai kader Gerindra, tentunya saya siap untuk maju Pilkada Padang. Dan melawan siapa saja, seandainya DPP merestui saya untuk ikut berpartisipas pada Pilkada Padang. Apalagi dari hasil survei ini terlihat belum adanya calon yang benar-benar dominan di Kota Padang. Masih ada peluang untuk Andre Rosiade untuk bersaing di Pilkada,” katanya.

Andre menyebut, saat kembali ke tanah air. Dia akan menghadap ke DPP Partai Gerindra untuk memastian langkah di Pilkada. “Kalau sudah ada signal maju tentunya kita akan maju. Alhamdulillah hasil survei ini telah membuktikan, kalau Andre Rosiade sudah diterima di tengah masyarakat Kota Padang,” ungkapnya. 

 

Berita serupa juga dimuat di media :

http://www.kabarnagari.com/2017/09/tren-survei-incumbent-terus-menurun.html?m=1

http://harianhaluan.com/mobile/detailberita/66503/andre-rosiade-bisa-kalahkan-mahyeldi

http*://www.detaksumbar.com/asa-di-pilkada-padang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *