Jangan Hanya Berpangku Pada APBD, Wako Harus Kreatif Atasi Banjir

warga dukung andre rosiade

Minimnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Padang dalam mengatasi banjir, harusnya bukan jadi alasan Walikota Mahyeldi untuk menanganinya.

Bakal calon Walikota Padang Andre Rosiade mengatakan, Walikota yakni Mahyeldi Ansarullah harus kreatif dalam mencari anggaran untuk mengatasi permasalahan banjir yang hampir tiap hujan melanda meresahkan warga.

“Walikota tidak bisa hanya mengandalkan APBD saja. Jika dipaksakan, akan menganggu stabiltas kegiatan yang lain,” ujar Andre yang menawarkan konsep Padang bebas banjir dalam pencalonannya jadi Walikota.

Karena itu, kata Andre yang elektabilitasnya kian meroket ini, Mahyeldi harus bisa melobi pusat untuk menggelontorkan anggarannya agar turun bersama-sama mengatasi permasalahan banjir ini.

“Banjir ini sudah akut. Walikota harus cari cara. Jangan hanya mengeluhkan tidak ada dana. Cari lah solusinya. Lobi pusat ‘kek’ biar dananya turun untuk bantu Padang. Kreatif dikit lah itu Walikota,” kritik Andre yang juga sebagai wakil Sekjen DPP Gerindra ini.

Andre sendiri mengaku sudah punya cara tersendiri dalam mengatasi banjir ini jika terpilih jadi Walikota Padang. “Kunci yang paling penting adalah niat dalam membangun itu lurus. Tidak melenceng ke tujuan lain. Seperti tujuan pencitraan semata, hanya ingin sekadar show atau biar dianggap merakyat. Kalau ingin membangun, ya bangun. Jangan pula menumpangkan muatan politik,” sebut Andre seperti dikutip dari harianhaluan.com.

Senada, akademisi Unand Asrinaldi juga mengatakan, Pemko Padang harus kreatif. Banyak anggaran di pusat yang bisa dijemput. Tapi, sekarang yang kurang dari birokrasi yang ada di Padang itu kreativitas. “Kita minta dalam mengentasan permasalahan banjir, birokrat lebih kreatif dalam mencari anggaran,” kata Asrinaldi saat dihubungi wartawan, Sabtu (16/09).

Dia melanjutkan, dinas terkait serta pimpinan yang ada di Padang harus main ke Jakarta. “Banyak anggaran yang bisa ditarik ke daerah. Persoalan saat ini, Walikota Padang, Mahyeldi masih tertumpu pada dana APBD. Wako mesti berpikir lebih untuk pengentasan banjir,” ucap Asrinaldi.

Asrinaldi mengatakan, banyak hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah ke pusat. Seperti melobi untuk kerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA). “Ya, sekali lagi tergantung kepala daerahnya. Kalau masih menggarap dari dana APBD, tidak akan mampu dalam mengentaskan banjir,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *