Andre Rosiade Berpeluang Jawara Survei

Hasil draw yang terjadi antara Tokoh Muda Perubahan Kota Padang Andre Rosiade dengan Wakil Wali Kota Padang Mahyeldi dalam survei yang digelar Liberte Institut cukup mencengangkan. Banyak pihak menilai, hal ini merupakan sebuah langkah positif, yang membuat terbukanya peluang di Pilkada Padang 2013.
Pengamat Politik Universitas Negeri Padang (UNP) Eka Vidya Putra menyebutkan, hal itu dapat dimaklumi, karena sosialiasi yang dilakukan Andre Rosiade di berbagai media massa. Menurutnya, hal ini juga membuka peluang kepada para calon lain, untuk bersaing. Namun, posisi dua besar ini, menurutnya, masih akan terus bertahan.
Angka 20,6 persen untuk Mahyeldi, dan 20,2 persen untuk Andre Rosiade, menggambarkan, bagaimana pandangan masyarakat terhadap tokoh ini. Selain itu, dua tokoh lainnya, M Ichlas le Qudsi (Michel) di angka 12 persen dan Yusman Kasim (11 persen), juga tidak dapat dianggap remeh. Menurut kami, hal ini sudah dapat jadi acuan awal, untuk menentukan kekuatan,” katanya.
Eka menyebut, salah satu faktor yang menyebabkan Andre mampu mengimbangi incumbent Mahyeldi, karena banyak calon yang belum turun ke bawah (turba). Jika banyak calon lain yang turun, maka kemungkinan, posisi ini akan sedikit bergeser. Apalagi, partai politik (parpol) juga belum merilis, siapa pasangan calon yang akan diusung.
Karena selama ini, masyarakat tahunya Andre yang wajahnya terpampang di baliho pusat kota, media cetak, elektronik dan online, adalah orang yang akan mencalonkan diri. Jadi, tingkat popularitas yang ada, berbanding lurus dengan elektabilitas (popularitas) Andre Rosiade, katanya.
Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Januari Sumka mengaku, hasil survei itu menjadi gambaran awal bagi partainya. Apalagi, 3 nama di empat besar (Andre, Michel dan Yusman), mendaftar sebagai bakal calon wako di Partai Demokrat. Menurutnya, sebagai pemegang survei paling tinggi, Andre sudah dapat dikatakan sebagai orang yang berpeluang.
Hasil survei itu adalah pertanyaan yang disebar pada akhir Januari, saat banyak calon belum mengaku akan maju. Kami berharap, pada survei berikutnya, para calon yang menyatakan maju di Demokrat,  mengalami kenaikan popularitas dan elektabilitas,kata Januardi yang juga masuk dalam survei sebagai calon wakil wali kota.
Jen  sapaan Januardi menyebutkan, nama-nama calon yang masuk di Demokrat, juga akan disurvei kembali, setelah resmi mendaftar (ditutup kemarin). Maret nanti, kami juga akan menggandeng tim survei dari pusat, untuk melakukan survei, siapa yang layak dijagokan Demokrat. Siapa yang akan terpilih, kita tunggu saja, katanya.
Direktur Liberte Institut Indrayadi menyebutkan, ada peluang sosok Andre Rosiade bisa menyalip Mahyeldi dalam survei berikutnya. Karena, hasil yang direlis kemarin, masih berdasarkan pengambilan data akhir Januari 2012. Apalagi, katanya, survei itu digelar, sebelum mencuatnya kasus dugaan suap impor sapi Presiden PKS Lutfi Hasan Ishak, dan kasus dana Safari Dakwan Rp1,9 miliar di APBD Sumbar.
Survei ini bakal bisa bergerak. Karena, dari empat besar survei, ada dua calon yang mengalami tren positif (naik) yaitu Andre Rosiade dan Michel. Sementara, dua calon lainnya Mahyeldi dan Yusman Kasim, mengalami tren negatif (turun), kata Indrayadi dalam keterangan persnya, kepada wartawan Sabtu 23/2) di Padang.
Dihubungi terpisah, Andre Rosiade mengaku cukup terkejut dengan hasil surveinya yang sudah mendekati incumbent Mahyeldi. Menurutnya, hal itu menggambarkan, agenda perubahan yang disosialisasikannya, dapat diterima oleh masyarakat Kota Padang. Dia optimistis, hasil surveinya akan terus naik, dan mendapat tempat di hati masyarakat.

Alhamdulillah, kami telah mendapat tempat di hati masyarakat, dengan hasil survei ini. Kami merasa, dukungan masyarakat kian kuat, untuk mendapatkan angin perubahan, untuk Kota Padang yang lebih baik. Kami kira, dengan terus menyosialisasikan program perubahan, tentu akan membuat masyarakat lebih mengenal kami, sebut Andre singkat.

One Reply to “Andre Rosiade Berpeluang Jawara Survei”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *